Rabu, 10 Oktober 2012

Tips Kelistrikan

Lampu Xeon, Bisa Dirogoh Juga


Edisi terdahulu pernah membahas mengganti bohlam lampu Kawasaki New Ninja 250 dengan cara dirogoh. Eit.., jangan ngeres dulu, ya. Maksudnya melepas bohlam yang putus di batok lampu enggak perlu bongkar cover bodi. Tapi, lewat celah yang ada di balik tebeng depan.

Nah, ternyata cara ini juga bisa dilakukan pada Yamaha Xeon atau Mio Soul. Kebetulan posisi rumah reflektonya ada di bawah tebeng depan dan bukan di batok setang seperti umumnya. Bahkan prosesi penggantian bohlam lampu putus di skubek ini hampir sama, yaitu dengan cara dirogoh.

“Biar prosesnya sama, namun pada skubek ini sedikit lebih sulit lantaran celahnya yang agak sempit. Makanya biar tidak makan waktu lama, mesti tahu dulu triknya agar proses mencabut fitting lampu dan pemasangan bohlam di rumah reflektor tepat,” ujar Hendra Wijaya, mekanik Em-Tech di Jl. Tiga Putra, Komp. Lemigas, Maruyung, Limo, Depok.

Untuk langkahnya, Hendra memaparkan secara bertahap. Dimulai dari memasukkan salah satu tangan ke celah di balik tebeng lampu buat melepas karet pelindung. Lalu rumah fitting lampu di lubang dudukan bohlam dicopot, caranya ditekan lebih dulu lalu diputar ke kiri agar kaki-kaki penguncinya bebas.

Berikutnya bohlam putus dicopot lalu diganti dengan yang baru. Cuma biar enggak repot saat memasukkan bohlam ke lubang dudukannya di rumah reflector, pastikan nok atau kaki penahan bohlam ada di atas. “Karena hampir semua dudukan nok di lubang reflector posisinya ada di atas,” ingatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar