Minggu, 28 Oktober 2012

Tips Kaki-Kaki

Setel Pelek, Haram Oleng dan Oval


Setel pelek harus mencakup dua dimensi. Tidak hanya oleng jika dilihat dari depan atau belakang motor. Tapi, pelek juga harus disetel supaya bulat alias tidak oval.

Pengalaman setel pelek dua dimensi ini dialami langsung oleh penulis. Ketika mengalami masalah pelek di motor matic. Gejalanya ban botak sebelah dan pelek sepertinya oval.

Ketika itu dibawa menuju bengkel press pelek Surya Motor Service di Jl. Kebon Jeruk XIV, No. 25A, Kota, Jakarta Barat. Menurut Suryadi yang mengerjakan pres pelek, setel pelek bukan hanya menghilangkan oleng, tapi pelek harus kembali bundar. Ketika dikendarai jadi lurus dan tidak naik-turun kecepatan motornya.

Sistem urut pelek yang dilakukan Suryadi tidak main api. Semua dikerjakan dengan sistem press. Cara melihat kelurusan alias keolengan pelek dilihat pakai jarum yang dipasang di sisi samping atau kanan-kiri pelek. Sehingga bisa tahu kalau bibir pelek terlihat oleng jika kita diputar pakai tangan.

Sedangkan untuk melihat apakah pelek oval, bisa dilihat dengan pasang jarum di sisi luar pelek. Kalau pelek diputar terihat naik-turun sisi luarnya, menandakan pelek itu oval. Harus kembali dipress dari posisi atas pelek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar