Minggu, 28 Oktober 2012

Tips Kaki-Kaki

Cek Bos Tengah Laher Roda, Demi Stabilitas


Menyepelekan leher roda oblak, ternyata bukan cuma bikin kestabilan motor berkurang. Tapi, juga mudah mengkikis dan mengubah bentuk permukaan luar bosh as laher roda. Padahal peranti ini bisa dibilang paling jarang bermasalah kecuali kalau lupa dipasang atau salah beli ukuran.

Begitu bosh rusak ditambah laher bermasalah atau belum pernah diganti, poros dan ring dalam bantalan laher secara otomatis menekan kedua ujung bos tengah hingga membuat bentuk dan panjangnya berubah.

Nah, kalau bentuk kedua ujung bos tengah tadi miring atau panjangnya berkurang, efek buruk yang paling terasa roda tidak mau berputar saat mur as roda dikencangkan.

Jika terjadi seperti itu baiknya jangan dipaksa jalan. Kalau diacuhkan biasanya laher roda cepat oblak dan memperparah bos tengah.

Untuk mengatasinya lebih dulu ganti bos tengah laher roda rusak dengan yang baru. Pastikan dulu bahwa diameter luar dan dalam bos leher serta panjang sesuai aslinya. Bila kurang sampau selisih nya 0,5 mm lebih, as roda masih enggak mau berputar.

Selanjutnya ganti kedua laher roda bila oblak untuk memaksimalkan kerjanya. Baru deh as roda bisa dikencangan pakai kunci ring sesuai kekuatan momen yang diperlukan masing-masing mur as roda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar